Robot sedang melakukan koneksi ke semua maskapai. Mohon tunggu beberapa saat..
Robot Biru

Amankan WA

Sahabat Robot Biru..

Belakangan semakin marak pembajakan nomor whatsapp (WA), di mana kemudian nomor WA korban dipergunakan untuk menyebarkan fitnah atau meminjam uang kepada contact yang terdaftar di akun WA tsb.

Bagaimana nomor whatsapp bisa dibajak?

Orang yang membajak mengetahui kode OTP (one time password) yang masuk ke SMS Anda, melalui tiga cara :

1. Meminta kepada Anda dengan alasan salah pencet nomor dll. Jangan pernah berikan otp ini (yang ada di pesan sms) kepada siapapun.
2. Melalui mailbox ketika HP mati (biasanya di malam hari). HP yang mati akan merekam panggilan yang masuk melalui mailbox. Para pembajak mencoba login ke WA menggunakan nomor HP Anda pada saat HP Anda OFF, dan meminta OTP nomor anda melalui voice call, dan karena HP anda mati maka OTP tersebut direkam oleh mailbox. Rekaman mailbox dapat didengar melalui nomor hp lain asalkan tahu passwordnya. Apesnya, kebanyakan pengguna HP tidak mengganti password default mailbox yaitu biasanya 1234. Akhirnya mailbox Anda dapat didengar oleh pembajak dan dapat mendengar voice call dari whatsapp yang menyebutkan OTP Anda.
3. Yang lebih canggih lagi, sim card Anda di cloning sehingga sms masuk ke dua nomor yaitu nomor cloning dan nomor asli. Untuk cara ini biasanya udah mainan tingkat tinggi (you know what I mean), bisa juga ada akses ke provider oleh pihak pihak yang "berwenang" atau yang tak bertanggung jawab, atau yang sewenang-wenang. hehehe..
Solusinya :
 
1. Gunakan 2 step verification dengan PIN (mirip PIN ATM) di mana hanya Anda yang tahu. Bisa diatur di Pengaturan/Setting kemudian Account/Akun kemudian Two-step Verification. Atur PIN yang tidak mudah ditebak.
2. Jika Anda sudah menjadi korban, hubungi operator Anda untuk blokir sementara kartu anda sehingga sms dan mailboxnya mati. Kemudian datang ke Customer Care untuk minta ganti simcard baru tanpa berganti nomor. Buat surat pengaduan ke polisi segera, sehingga kalau nomor WA anda disalahgunakan untuk kirim pesan yang bisa mengkriminalisasi anda, anda punya perlindungan karena sudah melaporkan di awal pembajakan. Jangan lupa screenshot layar whatsapp anda ketika pertama kali muncul pesan nomor anda harus diverifikasi lagi sebagai barang bukti.



Masukkan PIN keamanan Anda

Kode keamanan salah. Mohon untuk menginput PIN kembali

LUPA PIN KEAMANAN?